Announcement‎ > ‎

Press Release: Rapat Evaluasi Program Matrikulasi Bahasa dan Program Kesantrian IAIN Manado

posted Nov 28, 2017, 8:41 PM by Language Center IAIN Manado   [ updated Nov 28, 2017, 8:42 PM ]
Rapat yang dipimpin langsung oleh Rektor IAIN Manado, Dr. Hj. Rukmina Gonibala, M.Si, dihadiri oleh 23 orang peserta rapat, yang terdiri dari para Dekan, Wakil
Dekan, Ketua Prodi., dan para pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Program Kesantian dan Matrikulasi IAIN Manado (27/11/2017).

Dalam sambutannya, Ibu Rektor menegaskan bahwa Program Matrikulasi Bahasa dan Program Kesantrian IAIN Manado adalah program prioritas yang digagas untuk memajukan dan meningkatkan kualitas mahasiswa IAIN Manado. Kedua program tersebut tidak boleh diganggu apalagi dihentikan. Dengan semangat berapi-api, beliau menegaskan, "Apabila kedua program itu dihentikan, lebih baik saya mundur sebagai Rektor IAIN Manado".

Semangat itu mendapatkan dukungan tinggi dari kalangan pejabat yang hadir.

Dalam laporan evaluasi, Kepala Unit Pusat Bahasa sekaligus Direktur Ma'had Al-Jami'ah IAIN Manado, memaparkan hasil evaluasi mahasiswa peserta program atas kedua program tersebut.

Dari hasil evaluasi terungkap bahwa para peserta sangat mendorong penguatan kedua program tersebut. Bahkan, mereka meminta kedua program tersebut diperkaya lagi dengan program-program tambahan.

Meskipun kedua Program tersebut telah menjadi pra-syarat mengikuti ujian komprehensif bagi mahasiswa angkatan 2016 untuk Matrikulasi dan mahasiswa angkatan 2017 untuk keduanya partisipasi mahasiswa masih rendah.

Dari angket evaluasi yang diisi oleh mahasiswa peserta, banyak di antara peserta mengeluhkan rendahnya partisipasi mahasiswa dalam kedua program tersebut sehingga mereka meminta pihak kampus untuk mencarikan solusi terbaik sehingga kedua program tersebut mendapatkan respon tinggi dan positif dari kalangan mahasiswa.

Dari rapat tersebut dihasilkan dua keputusan penting:

(1) Menciptakan keserasian dalam program. Ini akan dipeorasionalkan dalam bentuk instruksi bagi semua pihak di kampus IAIN Manado untuk tidak membuat kegiatan yang mengganggu keikutsertaan/partisipasi mahasiswa semester 1 dan 2 dalam kegiatan Program Matrikulasi Bahasa dan Program Kesantrian.

(2) Memasukkan Program Matrikulasi dan Program Kesantrian dalam komponen porsi kredit mata kuliah yang relevan dengan rincian tentatif sebagai berikut:

    - Sertifikat Ma'had diberi porsi bobot 30 persen angka kredit dalam mata kuliah Studi Multikultural.
    - Sertifikat Ma'had diberi porsi bobot 30 persen angka kredit dalam mata kuliah bahasa Arab yang pertama diberikan/di-SKS-kan pada mahasiswa di kelas.
    - Sertifikat Matrikulasi diberi porsi bobot 40 persen angka kredit dalam mata kuliah bahasa Inggris yang pertama diberikan/di-SKS-kan kepada mahasiswa di kelas.
Comments